Jumat, 05 April 2019

Liburan Singkat Ke Nusa Penida

Berwisata ke Bali tidak cukup hanya sekali seumur hidup, saking banyaknya tempat atau atraksi wisata yang harus didatangi. Kalau selama ini kamu selalu berkutat di pulau utama, yuk sesekali menyeberang ke pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Bali!

Buat pecinta destinasi wisata alam, Nusa Penida merupakan lokasi yang tepat untuk memuaskan hasratmu! Nusa Penida memiliki pantai-pantai yang menakjubkan, dan hamparan pemandangan nan hijau. Dengan luas sekitar 200 meter persegi, banyak wisatawan yang melakukan perjalanan pulang pergi dari Pantai Sanur dalam satu hari. Padahal, hanya dengan menginap satu malam, sebenarnya kamu sudah punya lebih banyak waktu menikmati setiap destinasi wisata yang menakjubkan di Nusa Penida.

Cara terbaik untuk mengelilingi Nusa Penida adalah dengan menyewa motor, mulai dari 75,000 IDR (termasuk bahan bakar). Makanya, Nusa Penida juga cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang dan penjelajah. Sayangnya, meskipun jarak antara satu tempat wisata dengan tempat yang lain lumayan dekat, jalanan di Nusa Penida belum beraspal. Kamu membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam untuk berpindah tempat. Selain itu, dari tempat parkir kamu masih harus berjalan kaki ke spot wisata yang kamu tuju. So, kamu memerlukan itinerary yang dapat mengantarkanmu ke destinasi luar biasa indah dengan efisien. Itinerary wisata Nusa Penida berikut ini bisa jadi contekan kamu, lho!
Hari Pertama: Menyusuri Ujung Selatan dan Bagian Barat Nusa Penida

Penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida memakan waktu sekitar 30 menit. Jika memungkinkan, ambil jadwal paling pagi, sekitar pukul 07:30 agar matahari belum terlalu menyengat saat kamu tiba di Nusa Penida.

Ingat untuk mencari penginapan yang dekat dengan pelabuhan, misalnya di daerah Desa Sakti, agar keesokan harinya kamu tidak terburu-buru. Setelah menitipkan tas di penginapan, kamu bisa langsung bertolak ke tempat terjauh di Nusa Penida, yaitu ujung selatan pulau. Lalu, kembali mendekat ke penginapan sambil beach hopping di bagian barat pulau.

Mumpung masih pagi dan energi masih penuh, segeralah menuju Air Terjun Peguyangan. Untuk dapat mencapai kolam-kolam alami yang berada di tepi jurang tersebut, kamu harus menuruni ratusan anak tangga yang curam. Rasa lelahmu akan terbayar saat kamu menceburkan diri di sumber mata air yang juga dianggap sebagai tempat suci tersebut.

Destinasi berikutnya dalam itinerary wisata Nusa Penida ini adalah Pantai Kelingking yang berjarak sekitar 16 km dari Peguyangan. Dengan waktu tempuh sekitar satu jam, kemungkinan besar kamu akan mencapai pantai ini saat jam makan siang. Setelah mengisi perut, kamu bisa berfoto di puncak bukit untuk mendapatkan bentuk kelingking atau T-rex yang sempurna. Lalu, turuni tangga setapak untuk menuju pantai yang luar biasa cantik. Dijamin ingin bermain air seharian di sini!

Setelah matahari agak turun, bergeraklah ke arah barat laut. Pasih Uug atau Broken Beach memang berdekatan dengan Angel’s Billabong, namun disarankan kamu menuju Pasih Uug terlebih dahulu karena di sini kamu hanya bisa berfoto. Jika kamu ngeyel berenang, ombak dari laut yang cukup kencang dapat membuatmu tergores karang-karang tajam.

Setelah menempuh perjalanan panjang, berenang sepuasnya akan menghilangkan rasa letihmu. Maka dari itu, mengakhiri itinerary wisata Nusa Penida hari pertama dengan berenang di Angel’s Billabong adalah pilihan tepat. Berbeda dengan Air Terjun Peguyangan, di Angel’s Billabong hanya ada satu kolam besar untuk kamu berenang. Tapi lihat saja airnya yang biru kehijauan, siapa mampu menahan untuk tidak terjun ke kolam para bidadari ini?
 
Hari Kedua: Temukan Sisi Lain Nusa Penida di Bagian Timur Pulau

Hari kedua atau hari terakhir dalam itinerary wisata Nusa Penida ini, tidak perlu terlalu ‘bernafsu’ untuk mengeksplorasi semua tempat wisata yang tersisa. Bukankah lebih baik menghabiskan waktu untuk mencipta kenangan di satu tempat hingga lega? Tapi, jangan lupa untuk memastikan jam penyeberanganmu ke Sanur ya.

Bangunlah sepagi mungkin untuk menjemput sunrise di Pantai Atuh. Saat matahari perlahan terbit dan menembus lengkungan batas pantai, kamu pasti berdecak kagum dan tak sabar ingin mem-posting di Instagram. Sekitar pukul 07.00AM, penjual makanan mulai membuka kedainya, dan kamu bisa sarapan di sini sebelum menuju destinasi berikutnya.

Pernah dengar jargon “santai kaya di pantai, selow kaya di pulau”? Hal ini benar-benar nyata di Pantai Suwehan. Pantai ini tergolong masih sepi jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Nusa Penida, tapi bukan berarti tidak kalah indah. Karena letaknya berada di balik tebing, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai di pantai ini. Kamu bisa berbaring di pinggir pantai, dan merasakan angin laut yang sepoi-sepoi.

Menutup itinerary wisata Nusa Penida ini, mengapa tidak berkunjung ke Bukit Teletubbies di Nusa Penida? Setiap sudut Nusa Penida memang keren untuk dijelajahi. Salah satu keunikannya Bukit Tanglad ini, di mana kamu bisa berfoto dengan latar belakang bukit-bukit layaknya playground milik tokoh kartun Laa Laa, Tinky Winky, Dipsy, dan Po. Bisikkan kepada angin yang bertiup, bahwa suatu hari nanti kamu akan kembali lagi untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata baru di Nusa Penida.

Dengan itinerary wisata Nusa Penida ini, kamu bisa mengeksplorasi pulau di pinggiran Bali ini dalam waktu dua hari satu malam. Tak ada lagi alasan keterbatasan waktu, segera kemas barang-barangmu dan booking tiket fast boat ke Nusa Penida!

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar