Sabtu, 25 Mei 2019



Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan. Selain banyak diminati orang, umumnya orang-orang memiliki asuransi jiwa tanpa mempertimbangkan untuk membeli layanan asuransi kesehatan. Padahal risiko jatuh sakit dan biaya rumah sakit yang relatif mahal adalah faktor-faktor yang menyebabkan pentingnya asuransi kesehatan.
Banyak sekali orang yang membeli asuransi kesehatan karena penawaran agen penjual asuransi, bukan karena kesadaran pribadi dan paham serta mengetahui kebutuhannya akan asuransi kesehatan. Padahal penting untuk mengetahui fungsi masing-masing asuransi terutama asuransi yang Anda gunakan. Ada dua tips penting sebelum Anda berniat mendaftarkan diri pada layanan asuransi.
Pilih Asuransi yang Sesuai dengan Budget

Sebelum menggunakan jasa asuransi tertentu, penting bagi Anda untuk memilih asuransi kesehatan sesuai dengan pendapatan dan keuangan Anda. Dengan kata lain, Anda dapat menentukan harga premi asuransi kesehatan yang akan Anda bayarkan.

Anda juga perlu menentukan anggaran untuk menabung, berinvestasi dan anggaran lain setelah memberi anggaran pada asuransi. Sebelum menganggarkan uang untuk asuransi, Anda harus memiliki rancangan dana atas keperluan Anda. Jangan sampai Anda tidak dapat membayar asuransi yang Anda pilh karena preminya terlalu tinggi.

Pilihlah jenis asuransi yang Anda butuhkan dan sesuai dengan keuangan. Pada dasarnya asuransi membantu Anda saat Anda mengalami hal-hal terdesak atau darurat. Memilki asuransi adalah hal yang penting karena termasuk menjadi investasi untuk menghadapi sesuatu yang tidak terduga.

Pilih Jenis Asuransi

Asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimbursement. Asuransi kesehatan cashless adalah asuransi saat Anda dirawat di rumah sakit, pihak asuransi akan langsung menanggung biaya perawatannya. Anda hanya perlu membayar kelebihannya. Sistem cashless membutuhkan kuitansi asli.

Berbeda dengan asuransi kesehatan reimbursement, Anda harus membayarkan terlebih dahulu biaya perawatan di rumah sakit, baru dapat melakukan klaim ke perusahaan asuransi. Sistem reimbursement umumnya bisa menggunakan fotokopi kwitansi dengan legalisir rumah sakit. Tidak ada salahnya memiliki kedua jenis asuransi tersebut bersamaan. Jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan cashless, maka Anda dapat mempertimbangkan asuransi kesehatan reimbursement agar dapat saling melengkapi dengan asuransi kesehatan yang lainnya.

Itulah dua pertimbangan utama sebelum memiliki asuransi demi layanan kesehatan Anda dan keluarga. Sesuaikan tagihan asuransi dengan pendapatan Anda sehingga tagihan asuransi tidak membebani. Pilihlah jenis asuransi yang Anda butuhkan dan sesuai dengan keinginan Anda

Tagged: ,

0 komentar:

Posting Komentar