Minggu, 16 Juni 2019


Sebelum Kredit Rumah, Perhatikan Bagaimana Simulasi KPR Bekerja Berikut Ini

Masih muda dan ingin membeli rumah? Kesempatan bagus buat Anda dan juga keputusan yang smart. Karena bagi Anda yang termasuk generasi mudah masih belum banyak pengeluaran dan juga tidak banyak tanggungan. Tambah lagi jika cara pembayarannya melalui cicilan KPR, Sehingga Anda punya kesempatan dalam jangka waktu pembayaran yang lebih panjang.Jadi ketika ingin berencana Beli Rumah Kepri dengan memanfaatkan fasilitas KPR dari bank pastikan agar lebih teliti dan cermat. Ya, jangan sampai salah dalam melakukan perhitungan karena  bisa mengakibatkan cicilan KPR jadi tidak lancar.

Untuk itu simak tips simulasi kpr rumah untuk milenial berikut ini. Simulasi kpr rumah pada umumnya bank mematok nominal cicilan per bulan tidak melebihi 30% dari total penghasilan Anda. bila Anda sudah menikah dan istri juga bekerja jumlah cicilannya bisa lebih besar karena bisa joint income. Kebijakan ini diambil demi kepentingan nasabah sendiri, agar sisa penghasilan bisa digunakan untuk keperluan hidup lain. Dalam hal ini banyaknya cicilan KPR ditentukan dari besarnya uang muka dan jangka waktu KPR. Bila Anda ingin mendapat plafon kredit tinggi dengan cicilan rendah, bayarlah uang muka dengan nilai besar.

1.  Simulasi KPR
Salah satu cara menghitung suatu cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulananya berdasarkan dari jumlah kredit yang diambil ialah simulasi kpr rumah, periode / tenor KPR, dan bunga KPR bank tersebut. Kami telah membuat sebuah kalkulator KPR untuk membantu Anda dalam menghitung cicilan bulanan dari kredit pemilikan rumah, perbandingan angsuran kredit rumah pilihan, dan menentukan kredit pemilikan rumah termurah untuk Anda.

Cara simulasi kpr rumah menggunakan kalkulator KPR tersebut hanya dengan memasukan nilai jumlah pinjaman yang Anda inginkan serta jangka waktu pinjaman. Kemudian kalkulator kami akan menghitung cicilan per bulan Anda, beserta KPR terbaik dan termurah untuk Anda dengan suku bunga terendah. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai simulasi kpr rumah, Anda dapat menanyakan langsung ke customer service.

2.  Jika Saya Tidak Dapat Melunasi KPR Rumah, Apa Yang Terjadi?
Bank akan melakukan penyitaan atau mengambil alih properti ketika sang pembeli tidak dapat melanjutkan pembayaran cicilan KPR tersebut. Setelah bank mengambil alih rumah tersebut, lalu bank akan melaksanakan penjualan atau pelelangan terhadap rumah tersebut untuk melunasi sisa pinjaman yang tidak mampu sang pembeli bayar. Pada KPR Syariah, jika setelah rumah dilelang dan ternyata harga rumah lebih dari jumlah tunggakan pinjaman, maka kelebihan uang yang diperoleh dari penjualan properti, akan dibagi ratakan kepada sang pembeli dan Bank Syariah tersebut. Itulah simulasi kpr rumah jika kalian tidak dapat melunasinya.

3.  Apakah Itu Refinancing Atau Take Over KPR?
Simulasi kpr rumah berikutnya adalah Anda dapat memilih untuk melakukan refinancing jika bank lainnya memberikan suku bunga yang lebih rendah dari KPR yang Anda miliki. Karena dengan refinancing, Anda dapat menikmati keuntungan dalam penurunan suku bunga, serta keringanan dalam pembayaran angsuran KPR per bulan. Juga KPR Take Over dapat memberikan sejumlah dana tunai yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi jika harga pasaran rumah Anda telah naik.

4.  Faktor-Faktor Apa Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Kredit Pemilikan Rumah?
·         Plafon Pinjaman
adalah jumlah pinjaman yang ditunjukkan dalam bentuk persentase dari harga rumah yang ingin dibeli. Semakin besar jumlah plafon pinjamannya, semakin plafon pinjaman yang dapat diperoleh, dan semakin kecil jumlah DP. Maksimum plafon pinjaman yang disediakan bank adalah hingga 90% dari harga rumah, dan dinilai dari faktor-faktor berupa:Tipe properti Lokasi properti Umur peminjam Pendapatan peminjam kerja sama developer Persyaratan lainnya dari pihak bank

·         Penalti Pelunasan Awal
Beberapa bank memberikan penalti pelunasan awal jika sebagian jumlah dari pinjaman atau total pinjaman dilunasi dalam kurun waktu tertentu, termasuk jika Anda melakukan refinancing dengan bank lainnya.

·         Denda & Biaya Lainnya
Pada waktu Anda mengajukan aplikasi Kredit Pemilikan Rumah, Anda diharuskan untuk membayar biaya-biaya tertentu. Beberapa biaya yang dikenakan berupa : Biaya Provisi, Biaya Penilaian, Biaya Administrasi, Biaya Notaris, Biaya Materai.

5.  Asumsinya dengan jangka waktu tetap: makin besar uang muka, makin kecil pula cicilannya.
Bila kalian tidak sanggup membayar uang muka dengan jumlah besar, tetapi ingin cicilan tetap rendah, pilihlah KPR dengan jangka waktu panjang. Saat ini banyak bank yang memberikan jangka waktu cicilan (tenor) KPR selama 20 tahun, itulah simulasi kpr rumah yang cocok bagi Anda yang termasuk generasi milenial. Akan tetapi perlu diingat, semakin panjang jangka waktu cicilan, semakin banyak pula uang yang harus Anda bayarkan.

6.  Cara Mudah Hitung Cicilan KPR
Simulasi kpr rumah terakhir merupakan Contoh dengan nilai KPR yang ingin Anda ajukan sebesar Rp200 juta dengan bunga efektif 12% per tahun. Pembelian rumah mungkin merupakan langkah paling penting yang akan Anda lakukan dalam hidup Anda. Oleh karena itu, Kami telah mengumpulkan data mengenai KPR bank, untuk memudahkan Anda mengerti lebih dalam tentang cara kredit rumah yang baik dan apa saja yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan KPR, serta pilihan kredit rumah termurah dengan cicilan rendah dari tabel kalkulator KPR / Simulasi KPR.

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar